Yellow Box Junction (YBJ)

Beberapa hari kemarin, waktu lagi jalan di sekitar Jl. Gerilya Timur, Pancurawis (Perempatan Terminal Bulu Pitu Purwokerto) saya melihat ada pekerjaan jalan berupa pembuatan marka jalan berbentuk kotak berwarna kuning. Apa sih itu ? dan apa tujuannya ? Mungkin masih ada masyarakat yang belum paham dengan fungsi kotak tersebut (kayak saya contohnya :D) ? Berikut sedikit penjelasannya.

Kotak kuning tersebut disebut dengan Yellow Box Junction (YBJ). YBJ biasanya dibuat pada persimpangan jalan utama atau jalan besar yang padat lalu lintasnya. YBJ merupakan semacam marka jalan yang berfungsi sebagai kawasan kosong tanpa kendaraan, tujuannya untuk mencegah kemacetan pada jalur tertentu yang berakibat pada tersendatnya arus kendaraan di jalur lain.

Banyak pengendara yang menerobos lampu merah saat kendaraan di depannya belum terurai. Dengan YBJ ini berlaku aturan main, walaupun traffic lights sudah hijau, pengguna jalan yang belum masuk YBJ harus berhenti jika masih ada kendaraan lain di dalam area kotak kuning tersebut. Mereka yang berada diluar YBJ baru bisa melaju jika kendaraan yang ada di dalam area kuning sudah keluar.

Beberapa titik di Jl. Gerilya Purwokerto sudah dalam tahap pengerjaan YBJ. Jika pengguna jalan sadar akan fungsi YBJ, hal ini akan sangat membantu mengurangi kemacetan ketika arus lalu lintas padat terutama saat hari libur atau hari besar. Mengingat YBJ ini merupakan salah satu marka jalan, maka jika dilanggar tentunya akan mendapatkan sanksi dari pihak yang berwajib. Semoga hal ini disadari oleh masyarakat sehingga dapat berfungsi maksimal.

Gambar : Yellow Box Junction

Gambar : Yellow Box Junction

Source : Ditlantas Polda Metro Jaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *