SAMBUTAN KETUA ST3 TELKOM PADA WISUDA KE – III ST3 TELKOM PURWOKERTO

Yang terhormat,

Bupati Banyumas Bapak Ir. Achmad Husein atau yang mewakili
Ketua DPRD Kab Banyumas atau yang mewakili
Koordinator Kopertis VI atau yang mewakili
Chairman Of Telkom Foundation
Pimpinan Lembaga dan Institusi Mitra ST3 Telkom
Rekan Dosen dan Karyawan ST3 Telkom
Para Orangtua dan Ikatan Orangtua Mahasiswa (IOMTEL)
Para Wisudawan – Ahli madya, sarjana- yang berbahagia serta hadirin sekalian

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Salam sejahtera bagi kita semua,
Semangat pagi!

Pertama-tama, marilah kita panjatkanpujisyukurkehadirat Allah SWT, karena pada hari yang berbahagia ini kita memperoleh nikmat-Nya untuk dapat berkumpul melaksanakan kegiatan yang sangat istimewa bagi keluarga besar ST3 Telkom yaitu Sidang Senat Terbuka Wisuda Ke-III ST3 Telkom Purwokerto tahun akademik 2015/2016.

Hadirin yang kami hormati,
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya atas nama pribadi maupun institusi dan seluruh civitas akademika ST3 Telkom Purwokerto dengan penuh kebanggaan mempersembahkan 94 wisudawan yang terdiri dari 69 ahli madya telekomunikasi dan 25 sarjana telekomunikasi. Perlu bapak/ibu ketahui, bahwa pada wisuda kali ini merupakan awal sejarah bagi kampus kami meluluskan mahasiswa jenjang S1 (Kelas Alih Jenjang) setelah kami bertransformasi menjadi Sekolah Tinggi pada tahun 2012. Dan yang istimewa pada wisuda kali ini, 28 orang wisudawan berhasil meraih predikat cumlaude diantaranya 2 orang memperoleh IPK sempurna 4,00. Sebagian wisudawan telah diterima bekerja, sedangkan sebagian ada yang melanjutkanstudikejenjang S1 di ST3 Telkom dan berwirausaha.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya atas nama seluruh sivitas akademika ST3 Telkom mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi. Juga kepada orangtua dan keluarga wisudawan, kami turut bersyukur dan berbahagia atas kesuksesan putra putri anda dalam menempuh pendidikannya. Yang tidak kalah pentingnya, adalah penghargaan yang setinggi tingginya kepada seluruh staff akademik (dosen) dan staff non akademik ST3 Telkom atas kerja keras dan kerjasamanya dalam mendidik mahasiswa hingga mereka menyelesaikan studinya dan berhasil diwisuda pada hari yang berbahagia ini.
Wisudawan yang berbahagia,
Menjadi seorang lulusan perguruan tinggi bukan hanya sekedar gelar kependidikan, artinya bahwa anda harus menghadapi tantangan yang tentunya lebih berat dan siap berperan di tengah masyarakat. Bersamaan dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang dicanangkan pada bulan Desember 2015 ini, persaingan antar negara menjadi semakin terbuka. MEA adalah sebuah integrasi ekonomi ASEAN dalam menghadapi perdagangan bebas antar negara – negara ASEAN. Dalam menghadapi persaingan ketat ini, negara – negara ASEAN haruslah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil, cerdas, dan kompetitif. Harapannya, perguruan tinggi bisa menjadi motor penggerak dari perubahan kemajuan tersebut dan memastikan setiap lulusannya mampu bersaing dengan tenaga kerja dari negara lain.
Sejalan dengan hal tersebut, ST3 Telkom tentunya berkomitmen untuk terus menerus meningkatan mutu di segala proses pendidikan dan memacu mahasiswa untuk berprestasi tinggi. Sehingga mampu menghasilkan lulusan yang tidak hanya cerdas namun juga memiliki integritas yang tinggi. Dalam menjaga mutu pendidikan di perguruan tinggi, pada tahun 2015 ini institusi berhasil melakukan surveillance dan memperoleh sertifikat ISO 9001:2008. Di samping itu, kami juga sedang dalam proses pengajuan reakreditasi prodi D3 Teknik Telekomunikasi dan kami targetkan untuk memperoleh nilai A. Sedangkan untuk 2 prodi lainnya yaitu S1 Teknik Telekomunikasi dan S1 Informatika, akan kami ajukan pada tahun 2016. Mohon doa restu hadirin semuanya agar program akreditasi semua prodiini dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Hadirin yang kami hormati,
Telkom Foundation yang telah sejak lama menyelenggarakan pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi telah secara berkelanjutan mengembangkan sumber daya manusia yang profesional di bidang teknologi dan informasi. Salah satu buktinya dengan mengembangkan Akatel Purwokerto menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom (ST3 Telkom) Purwokerto. Dengan dukungan penuh dari Telkom Foundation pula, ST3 Telkom terus berupaya melakukan pengembangan kampus secara berkelanjutan. Selama 2 tahun terakhir, ST3 Telkom berhasil melakukan ekspansi lahan seluas 15000 m2 untuk pembangunan gedung perkuliahan baru. Satu gedung telah selesai pengerjaannya dan siap digunakan untuk kegiatan mahasiswa. Seiring dengan hal tersebut, tentunya kami juga melakukan upaya peningkatan fasilitas belajar mengajar mahasiswa, baik laboratorium dan perpustakaan, serta sarana prasarana yang mendukung kegiatan mahasiswa. Serta meningkatkan kualitas pelayanan baik tenaga pengajar maupun administrasi. Telkom Foundation memberikan support yang luar biasa agar ST3 Telkom bisa menjadi perguruan tinggi yang terbaik di bidang ICT di Jawa Tengah. Dan pada tahun 2017, diharapkan mampu meningkatkan status perguruan tinggi menjadi Telkom University setelah Bandung.
Wisudawan yang berbahagia,

Semoga keberhasilan dalam menempuh studi dapat menjadi bekal sekaligus langkah awal yang baik dalam menjalani kehidupan di tengah masyarakat. Serta semakin meningkatkan motivasi untuk lebih meningkatkan kualitas diri. Globalisasi dan MEA akan terus membuat arus perpindahan barang, jasa dan tenaga kerja antarnegara ASEAN tak bisa dibatasi dan dihindari. Siapa yang memiliki produk berkualitas, dialah yang akan bisa bertahan. Untuk itu, kita harus memiliki daya saing sehingga tidak menjadi penonton di negeri sendiri.
Hadirin yang kami hormati,

Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh orangtua wisudawan yang telah mempercayakan pendidikan putra / putrinya kepada kami. Mohon maaf apabila selama ini terdapat kekurangan kami dalam berbagai hal. Memperbaiki segala kekurangan tentunya akan menjadi salah satu prioritas kami. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan ridhonya kepada kita semua. Amin.

Demikian dari saya, kurang dan lebihnya mohon maaf.

BillahiTaufiqWalhidayah,
WassalamualaikumWarahmatullahiWabarokatuh,

Purwokerto, 28 November 2015
Ketua ST3 Telkom Purwokerto
(Prof Agus Irianto, MSc., PhD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *